Cara Membuat Tahu Bulat Agar Bisa Mengembang dan Gurih

Cara Membuat Tahu Bulat Agar Bisa Mengembang dan Gurih

Cara Membuat Tahu Bulat Agar Bisa Mengembang dan Gurih
delishtube.co.id

Kuliner tahu bulat mulai meroket pada tahun 2015 sampai saat ini. Cemilan sederhana dari bahan kedelai yang enak dan gutih rasanya membuat tahu bulat memiliki banyak penggemar di Indonesia. Harganya yang hanya 500an perbuahnya membuat tahu bulat dapat dijangkau oleh semua kalangan di Indonesia mulai dari yang miskin sampai dengan yang kaya.


Bila saat ini anda sangat sering membeli tahu bulat karena rasanya yang enak mengapa tak coba buat sendiri tahu bulat dirumahmu? Tapi bagaimana caranya agar tahu bisa mengembang padahal bagian dalamnya kosong atau kopong?

Ini dia saya kasih tahu tipsnya, cara membuat tahu bulat biar tahunya bisa mengembang ternyata memakai bahan tambahan loo.. Seperti membuat roti yang mengembang setelah dioven, tahu bulat juga menggunakan baking powder untuk mengembangkan tahunya. Bisa juga menggunakan baking powdernya yang versi double action ya. Baking powder jenis ini memang memiliki kemampuan untuk mengembangkan makanan lebih baik dari yang versi biasa. Mungkin banyak diantara kita yang sudah pernah mencoba membuat tahu bulat ini sendiri di rumah tetapi gagal. Nah sekarang tahu kan ternyata bentuk tahunya bisa mengembang sempurna tersebut karena baking powder ini.

Bahan :

  • Bahan utama adalah tahu putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 700 gram saja.
  • Bawang putih ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 pcs. Bisa juga menggunakan bawang putih halus atau bubuk supaya lebih praktis.
  • Baking powder kurang lebih sebanyak 1 1/2 sendok kecil. Kalau menggunakan baking powder double action harap dikurangi ya.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Telur ayam diambil bagian kuningnya saja kurang lebih sebanyak 3 butir.
  • Kaldu bubuk ayam atau daging sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil. Sebaiknya menggunakan yang non MSG supaya lebih sehat.
  • Merica halus atau bubuk kalau suka.

Bahan tambahan : 

  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.
  • Buah cabai rawit secukupnya.
  • Saus sambal atau sambal petis untuk colekan tahunya.
  • Kain untuk memeras tahu putihnya.

Cara membuat tahu bulat :

Langkah 1,
Pertama cuci bersih tahu putih yang akan diperas dengan air mengalir.

Langkah 2,
Hancurkan atau aluskan tahu putih diatas sampai benar-benar halus. Bisa pakai ulegan, sendok atapun cukup tangan asal benar benar halus.

Langkah 3,
Ambil satu lembar kain atau serbet kemudian peras tahu halus tadi sampai keluar airnya dan tidak ada lagi air yang keluar.

Langkah 4, 
Masukkan kedalam wadah cukup besar kemudian sisihkan.

Langkah 5, 
Uleg dan haluskan bawang putih bersama dengan merica, garam dapur beryodium sampai tercampur rata.

Langkah 6, 
Masukkan bumbu tahu bulat diatas kedalam wadah bersama dengan telur ayam, baking powder dan kaldu bubuknya.

Langkah 7, 
Campur dan aduk-aduk semua bahan tadi sampai benar benar tercampur rata semua bagian.

Langkah 8,
Tes rasa dan tambahkan kaldu bubuk, merica atau garam dapur kalau diperlukan.

Langkah 9, 
Setelah tercampur rata, ambil secukupnya kemudian bulatkan seperti bola kemudian sisihkan.

Langkah 10,
Tangan bisa diolesi sedikit minyak atau bisa juga membentuk bulatannya menggunakan plastik.

Langkah 11, 
Masukkan adonan tahu bulat berbentuk bola tadi kedalam kulkas atau lemari pendingin. Tunggu sampai benar benar dingin supaya lebih crispy dan mengembang kurang lebih 3 jam sampai 4 jam.

Langkah 12, 
Cara membuat tahu bulat berikutnya adalah proses menggoreng.

Langkah 13,
Siapkan wajan dengan diameter yang cukup besar ya. Masukkan minyak goreng baru yang banyak dan panaskan hingga minyak benar benar panas.

Langkah 14,
Setelah minyak benar-benar panas, kecilkan api dan masukkan adonan resep tahu bulat yang kita buat tadi.

Langkah 15,
Aduk aduk tahu di wajan sampai matang semua bagian atau kurang lebih selama 11 menit sampai 17 menit saja atau sesuai jumlah yang dogoreng. Ciri tahu bulat kopong mengembang dan matang kalau sudah melayang atau mengambang di atas minyak wajan.

Langkah 16, 
Setelah matang, angkat dan letakkan di saringan supaya kelebihan minyaknya habis.

Tips cara membuat tahu bulat agar mengembang dan crispy :

  1. Gunakan tahu putih yang kualitasnya bagus sekali. Jangan menggunakan tahu kuning ya. Tahu putih ini biasanya teksturnya lebih lembut sehingga pas sekali untuk dibuat menjadi tahu bulat digoreng dadakan.
  2. Kurangi kandungan air tahu dengan cara diperas airnya sehingga pori-pori nya bisa mengembang dan kosong atau kopong di bagian dalam. Cara memerasnya bisa menggunakan serbet biasa saja. Peras airnya sampai kering setelah tahu dihaluskan.
  3. Supaya bisa mengembang sempurna, sebaiknya menggunakan baking powder seperti yang dipakai untuk membuat resep kue bolu. Bisa juga yang double action, cuma ukuran harus disesuaikan.
  4. Adonan yang sudah dicampur dengan bumbu tahu bulat harus di dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan wajan penggorengan. Bisa dimasukkan kedalam lemari pendingin, kulkas ataupun cooler box (seperti penjual keliling). Tetapi jangan dimasukkan ke lemari pembeku atau freezer ya.
  5. Tambahkan kaldu bubuk ayam atau daging supaya rasanya lebih gurih dan enak. Sebaiknya kita pakai yang kaldu non MSG ya supaya lebih menyehatkan.
  6. Wajan penggorengan yang digunakan sebaiknya besar atau cukup untuk menggoreng banyak tahu sekaligus.
  7. Minyak untuk menggoreng adonan tahu nya sebaiknya minyak baru dan api nya kecil saja ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda