Minuman Segar Dan Dingin

Minuman Segar Dan Dingin


Sebagai negara tropis, cuaca di Indonesia bisa dibilang cukup panas dengan matahari yang bersinar terik, terutama ketika musim kemarau tiba. Saat cuaca panas, salah satu cara untuk mendinginkan tubuh adalah dengan resep membuat minuman segar. Terutama apabila kita baru saja beraktivitas di bawah terik matahari dan mengeluarkan keringat, maka cara yang paling pas untuk meredakan dahaga sekaligus mengusir rasa gerah adalah dengan mengonsumsi minuman dingin. Umumnya, air putih dingin saja sudah cukup untuk menghilangkan gerah. Apalagi karena air putih dapat diperoleh dengan mudah, baik dengan membelinya ataupun membawa langsung dari rumah. Akan tetapi tidak sedikit pula yang menginginkan minuman segar sebagai penghilang dahaga, terutama yang memiliki rasa manis sehingga kandungan gula di dalamnya sekaligus bisa mengembalikan tenaga.

Resep membuat minuman segar yang menghilangkan dahaga di bawah terik matahari yang umum dipraktekkan terutama adalah es teh atau es buah segar. Langkah-langkah dalam pembuatannya memang mudah dan terbilang praktis. Kita cukup menyiapkan air, es batu, gula pasir serta satu kantung teh celup untuk membuat es teh segar dan dingin. Sementara untuk es buah segar, macam-macam buahnya dapat kita pilih sendiri sesuai selera. Umumnya dalam es buah digunakan pula susu kental manis agar rasanya semakin manis dan nikmat. Selain menghilangkan dahaga, es buah segar juga kaya akan serat sehingga memiliki manfaat lain terutama dalam memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh. Namun di samping kedua minuman tersebut di atas, kita juga bisa membuat aneka minuman lain. Terutama adalah minuman ala kafe.

Minuman ala kafe ini tidak selamanya dapat kita peroleh dengan harga mahal. Apabila membuatnya sendiri di rumah, harganya bisa kita tekan agar menjadi jauh lebih murah serta terjangkau. Biasanya minuman ala kafe yang dibuat sendiri di rumah adalah milkshake atau cappuccino. Ini karena keduanya memang populer sebagai minuman kafe yang bisa dibuat sendiri agar harganya lebih terjangkau. Bahan-bahannya juga mudah, seperti air, es, susu dan kopi dalam bentuk bubuk. Selain kedua minuman tersebut, resep membuat minuman segar lainnya adalah punch. Punch merupakan minuman yang terbuat dari aneka buah. Minuman ini terbilang unik karena memiliki rasa yang lezat dan juga dalam cara pembuatan yang berbeda dibanding membuat es teh, es buah ataupun jus buah. Berikut adalah resep membuat punch biru. Minuman ini bisa kita hidangkan untuk enam porsi.

Bahan-bahan : 

  • Siapkan gula pasir sebanyak tiga ratus gram
  • Air sebanyak tiga ratus mililiter
  • Jeruk nipis sebanyak setengah buah
  • Bunga telang sebanyak sepuluh gram yang akan digunakan sebagai pewarna biru alami. Apabila tidak menemukan bunga telang, kita bisa menggunakan pewarna biru lainnya. Pastikan hanya menggunakan pewarna alami agar tidak membahayakan kesehatan
  • Buah naga putih sebanyak dua ratus lima puluh gram
  • Buah strawberry sebanyak seratus dua puluh lima gram
  • Buah nanas sebanyak seratus lima puluh gram
  • Soda sebanyak enam kaleng karena punch akan dibuat sebanyak enam porsi]
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Punch Biru

Langkah 1, 
Resep membuat minuman segar ini diawali dengan mencuci bunga telang kemudian direbus bersama air, jeruk nipis serta gula. Rebus sampai mendidih.

Langkah 2, 
Kecilkan api dan biarkan sampai rebusan mengental sekitar dua puluh hingga tiga puluh menit.

Langkah 3, 
Sirup ini dapat kita simpan di dalam botol dan dimasukkan ke dalam lemari pendingin ketika sedang tidak digunakan.

Langkah 4, 
Potong buah naga, nanas serta strawberry dengan ukuran sekecil mungkin agar bisa melewati sedotan besar.

Langkah 5, 
Masukkan potongan buah-buahan ini ke dalam gelas saji.

Langkah 6, 
Isi gelas dengan lima puluh mililiter sirup telang yang berwarna biru.

Langkah 7, 
Tambahkan air soda serta es batu, lalu hidangkan.



Rasa utama dari punch biru ini adalah segar karena adanya soda serta es batu. Terdapat pula rasa manis dari sirup dan potongan aneka buah yang menjadikannya terasa nikmat.

Nikmati punch biru menggunakan sedotan besar agar potongan buah-buahan dalam ukuran kecil akan melewati sedotan besar dan memunculkan sensasi tersendiri dalam menikmati punch.

Demikian adalah resep membuat minuman segar dingin punch biru yang dapat kita praktekkan pada saat cuaca panas untuk menyegarkan tubuh. Bahan-bahannya bisa kita dapatkan secara mudah seperti di pasar hingga di supermarket. Dengna rasa yang segar serta nikmat dari aneka buah dan soda di dalamnya, citarasa yang unik akan kita dapatkan dari punch biru ini. Semoga resep membuat minuman segar ini bermanfaat bagi kita terutama ketika memasuki musim kemarau di mana matahari bersinar terik dan membuat kita merasa gerah



Sumber : http://reseponline.info

1 komentar:

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda