Teh Tarik Aceh

Teh Tarik Aceh


Bicara soal makanan dan minuman, Indonesia memang menjadi gudangnya berbagai macam makanan dan minuman yang tentunya sangat lezat. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah yang ada pasti mempunyai makanan dan juga minuman yang khas. Untuk minumannya sendiri, minuman khas daerah Indonesia yang cukup beragam memang sangat tertarik untuk dibahas lebih lanjut. Seperti yang kita tahu bahwa beragamnya suku di setiap daerah Indonesia telah membuat banyak resep minuman yang dimiliki oleh daerah tersebut. Apabila anda seorang yang suka untuk mencoba banyak resep baru, tidak ada salahnya anda belajar resep minuman tradisional dari salah satu daerah Indonesia. Selain bisa dinikmati, anda pun bisa melestarikan kebudayaan Indonesia sekaligus.

Kemudian, mengenai resep minuman yang akan kita coba berasal dari daerah Sumatera khususnya daerah Aceh. Ya, minuman yang juga dikenal di negara Malaysia ini memang menjadi salag satu minuman legendaris. Bagaimana tidak, cara pembuatannya yang unik dan dibutuhkan skill yang mumpuni membuat minuman ini menjadi sangat legendaris. Lantas, apakah resep minuman segar dingin yang dimaksud? Ya inilah nama minuman yang telah menjadi legendaris yaitu teh tarik. Minuman yang khas dari daerah Aceh dan juga negara melayu seperti Malaysia ini memang telah menjadi salah satu minuman yang sangat terkenal. Bagaimana tidak setiap harinya dalam kedai minuman yang ada di Aceh, teh tarik masih menjadi banyak primadona bagi para penikmat teh. Hal yang membuatnya menarik adalah bukan hanya rasanya yang nikmat saja. Akan tetapi cara penyajian teh yang unik pun menjadi hal lain yang bisa membuat makin banyak orang tertarik untuk melihat bagaimana lihainya atraksi para peracik teh tarik ini.

Dalam pembuatannya yang sangat spesial inilah membuat tidak semua orang bisa hasilkan teh tarik yang memang benar-benar nikmat. Keahlian dalam menarik teh dari gelas satu ke gelas lainnya pun hal yang sangat mendasar yang harus dipelajari oleh si pembuat teh. Belum lagi masalah racikan teh tarik yang dibuat. Agar menghasilkan rasa dan aroma teh yang kuat, pastinya harus anda takaran teh dan juga bahan lain yang pas sehingga nantinya hasilnya adalah teh tarik yang nikmat. Jadi, memang tidak sembarang orang bisa meracik teh legendaris tersebut. Namun, bukan berarti anda tidak boleh mencobanya. Dengan belajar membuatnya sendiri di rumah, anda pun bisa menjadi seorang peracik teh tarik yang dapayt sajikan segelas teh lezat dengan cara pembuatan yang juga keren.

Bicara soal minuman yang satu ini, teh tarik memang telah menjadi minuman yang sering dihidangkan di Aceh sana. Penyuka teh tarik ini juga sangat beragam mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Memang tidak ada batas umuran untuk meneguk teh tarik ini, apalagi yang telah dicampur dengan es batu di kala cuaca sedang panas. Ya, tentu saja hal tersebut membuat penikmatnya akan dapatkan kenikmatan ganda saat mereka meminum resep minuman segar dingin. Selanjutnya ialah mengenai cara pembuatan minuman yang mengharuskan skill tinggi ini ialah sebagai berikut. Dalam hal ini sama seperti pembuatan minuman lainnya yaitu ada bahan-bahan yang harus disediakan terlebih dahulu. Lantas, berikut ini adalah daftar bahan minuman harus anda siapkan.

Bahan-bahan :  

  • Satu bungkus teh dengan aroma melati
  • Air panas 100 mili-liter
  • Susu kental manis 3 sendok makan
  • Es batu secukupnya

Alat yang disiapkan :

  • Dua gelas bergagang dengan bahan stainless steel
  • Sendok untuk mengaduk

Cara pembuatan :

Langkah 1,
Seduhlah teh dengan air panas dalam satu gelas stainless steel yang telah disediakan.


Langkah 2,
Masukkan susu ke dalam seduhan teh tersebut. Aduk teh hingga susu kental manis tercampur rata.


Langkah 3,
Siapkan satu gelas stainless steel yang kosong lalu inilah yang membuat nama teh ini adalah teh tarik. Tuanglah teh dari gelas satu ke gelas lainnya sambil ditarik. Terus lakukan hal ini sampai teh anda keluarkan buih. Jika telah berbuih itu artinya teh tarik anda telah jadi.


Langkah 4,
Sajikan teh tarik anda tersebut dengan tambahan es batu agar makin segar.

Jadi, itulah bagimana cara membuat teh tarik yang menjadi salah satu resep minuman segar dingin yang berasal dari salah satu deerah Indonesia yaitu Aceh. Minuman yang memang telah menjadi legendaris ini biasanya diminum saat cuaca sedang panas sehingga akan menghilangkan dahaga anda.

Selain itu, teh tarik pun bisa juga diminum di kala santai ditemani dengan cemilan ringan di sore hari. Kesegaran dari teh tarik ini akan menjadi daya kenikmatan tersendiri bagi para penikmat teh. Lantas, tunggu apa lagi? Anda bisa langsung mencoba resep teh tarik ini di rumah. Dengan mulai belajar membuatnya sendiri, siapa tahu anda bisa menjadi pembuat teh tarik yang handal. Nikmati kesegarannya!

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda