Resep Es Kacang Merah Coco Pandan

Resep Es Kacang Merah Coco Pandan

Resep Es Kacang Merah Coco Pandan

Jika banyak resep Palembang yang membahas tentang masakan dengan olahan ikannya, maka berbeda dengan satu resep yang satu ini. Pada resep satu ini kita akan mengulas salah satu minuman yang paling popular di Palembang. Minuman menyehatkan, dingin dan segar ini terkenal dengan sebutan es kacang merah. Es kacang merah terbuat dari kacang merah dan juga susu kental manis. Sebenarnya, es kacang merah juga mempunyai kembaran di Manado. Meskipun nama dan tampilan sekilas mirip, namun dalam hal rasa, es kacang merah Palembang dan Manado sudah jelas berbeda. 

Es kacang merah kerap dikombinasikan dengan sirup berwarna merah rasa coco pandan dan untuk mempermanis tampilan, kerap diberi dengan balutan coklat cair diatasnya. Jadi, kalau banyak orang bilang, minuman ini dari segi bahan terbilang minimalis namun untuk rasa jangan ditanya, pasti maximalis. Minuman satu ini mudah ditemukan hampir diseluruh penjuru Palembang, khususnya ditempat penjual pempek. Dengan rasanya yang segar dan nikmat, sudah pasti ini bisa menjadi teman makan pempek yang paling cocok. Selain cocok untuk teman makan pempek, es kacang merah Palembang juga cocok diminum ketika cuaca panas tiba, kesegarannya akan membawa semangat untuk menghadapi hari.

Kini dengan semakin banyaknya para penikmat es kacang merah, maka kamu tidak usah jauh-jauh mencarinya hingga ke Palembang. Kini di banyak rumah makan telah banyak disediakan es kacang merah. Tapi, jika ternyata di daerah kmau masih sulit juga untuk mencarinya, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuatnya. Dengan bantuan resep es kacang merah dibawah ini, pastinya kamu akan semakin mudah membuatnya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan :
  • 100 gram kacang merah
  • 1 bungkus santan kara
  • 150 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • Sirup coco pandan secukupnya
Cara membuat :

Langkah 1,
Rebus kacang merah sekitar 15 menit, setelah matang matikan api. Biarkan kacang di panci.

Langkah 2,
Campurkan santan dengan air, rebus beserta daun pandan. Tambahkan garam.

Langkah 3,
Cara penyajian, susun kacang merah, es batu tuang kuah santan dan tambahkan sirup coco pandan. Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda